KPK VS Polri, urusan saya apa?

Hari-hari ini rame masalah KPK VS Polri.

ceritanya, pak presiden mau ngangkat bapak BG jadi Kapolri. Trus KPK menjadikan beliau tersangka kasus rekening gendut. lalu beberapa hari kemudian, pak BW ditangkap polisi karena kasus saksi palsu.

banyak orang menghubungkan bahwa kedua kasus berhubungan. emang hubungannya apa? atau pikiran kita yang penuh dengan dugaan-dugaan yang membuatnya berhubungan?

sebagai orang awam hukum, saya fair aja. kalau memang BG salah, biarkan proses hukum yang membuktikan. Jika memang pak BW salah, biarkan proses hukum yang membuktikan. Melihat dari sejarah, ketika tahun politik kemarin, ada dua petinggi parti yang ditangkap KPK. kedua pendukung partai tersebut membela dan mengatakan ada konspirasi di balik ini semua. KPK dengan elegan mengatakan, kalau memang ini konspirasi, BUKTIKAN DI PENGADILAN. dan kedua petinggi partai tersebut sama-sama dihukum.

nah, yang saya ga ngerti, kenapa sekarang KPK main drama? pake nangis-nangis di depan media. trus ngapain orang-orang nyuruh pak presiden turun tangan? relevansinya apa? bukankah membersihkan orang bermasalah dalam sebuah institusi adalah bagian dari penyelamatan institusi? Ngapain Polri dibilang balas dendam? ga ada kok yang bilang KPK ga suka Polri ketika KPK netapin BG sebagai tersangka saat dicalonkan jadi Kapolri.

Hal aneh menurutku, jika ini sebuah kasus hukum, atas dasar apa Presiden dapat turun tangan? Mana independensi hukum?

nah, pada dasarnya saya adalah masyarakat yang ga ngerti hukum. dan saya juga ga dukung sapa-sapa. buat yang dukung mendukung, parameter kebenarannya apa ya? kalau salah benarnya berdasar media, ini adalah parameter yang paling rapuh. media ini ga jelas, tergantung sapa yang didukung. contohnya tv yang biru. dulu njelek2in pemerintah mulu, begitu punya partai dan jadi menteri, sekarang baik2in mulu. itu yang tampak. yang ga tampak juga banyak, cuma mainnya lebih alus. misalnya berita A vs B. keduanya boleh jadi diberitakan sama-sama. tapi tetep tergantung mana yang didukung. yang didukung berita bagusnya keluar semua. yang ga didukung tidak semua berita bagusnya keluar semua.

Nah ngomong-ngomong masalah siapa yang lebih terpercaya, maka jawabannya agak ribet. polri di mata masyarakat boleh jadi tidak bersih. kenapa? nah, saya yakin anda juga ngerti… kalau KPK dianggap bersih karena memang tugasnya bersih-bersih. tapi, sebagai orang indonesia, saya juga ga percaya-percaya amat. karena tidak ada yang mengawasi KPK. Siapa yang jamin KPK bersih 100%? dan bagaimana orang yang menjamin KPK bersih, kalau ada yang mau diproses katanya pelemahan KPK. mau diawasi katanya pelemahan KPK. Mau dibatasi aktanya pelemahan KPK.

Nah, sekarang urusan saya menunggu, bagaimana kisah ini akan berlanjut. apakah akan menjadi sebuah tonggak pembersihan institusi dari orang bermasalah, atau malah menjadi dongeng yang jadinya semua hidup berbahagia selamanya, atau akan menjadi sebuah drama tentang antagonis protagonis.
#SaveSkripsi –a

One thought on “KPK VS Polri, urusan saya apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s