Sekarang saya tahu cara berpikir Jawa Pos

hari ini saya menulis tentang kekecewaan saya terhadap jawa pos. tentang apa yang mereka sampaikan dan apa yang beneran mereka lakukan.

Ketika saya menulis tadi, banyak banget yang langsung masuk dan liat tulisan saya. ternyata berita kontroversial lebih mudah menyebar. Dan ada timing juga. artinya, berita itu walau sebenarnya menarik, tidak akan menarik ketika timing tidak tepat dilepaskan. ngomong-ngomong tentang timing, bisa jadi ini adalah terkait kecepatan. ada kalanya, dalam menulis berita butuh waktu lama. dan jika terlambat, berita tak jadi menarik lagi. oleh karena itu, kecepatan menjadi yang utama. dan akurasi bisa dikorbankan.

bisa jadi, terkait akurasi, dapat diluruskan dengan adanya ralat.

masalah akurasi dan kecepatan ini sering kali menjadi perdebatan. mana yang lebih utama. ketika berhubungan dengan komersial, bisa jadi kecepatan adalah segalanya. makanya ada berita online. yang dapat update secara real time. tapi biasanya beritanya tidak mendalam. dan koran memiliki waktu lebih, dan terkait akurasi, mestinya dapat menjadi nilai lebih. tapi ada juga berita yang mepet dengan deadline, dimana lusa berita sudah basi, tapi muncul di pagi hari, kurang di akurasi.

Oleh karena itu, bisa jadi sebuah berita kontroversial adalah untuk memancing pembaca membaca berita selanjutnya. (ya semoga aja begitu). jadi, di berita berikutnya ada analisis yang mendalam. ya, patut ditunggu, apakah hal itu memang beneran dilakukan atau tidak. kalau tidak dilakukan, biasanya alasannya, berita lain yang lebih layak untuk diberitakan. kalo yang ini saya pas liat acara ILC nya Karni Ilyas ketika diprotes, kalo beritanya selalu merugikan sebuah pihak. waktu itu beritanya tentang terorisme yang banyak menyebut umat islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s