Cara Pemasaran Apple

Berawal dari Tugas yang diberikan oleh teman saya. Maka saya membuat catatan ini. Hanya ingin berbagi.. hhe.

Pemasaran Apple di Amerika.

Retail Store

Di Amerika Apple memasarkan produknya mengandalkan retail store yang dimiliki. Retail store ini memiliki fitur-fitur yang cukup dahsyat. Apple mampu membaca kebutuhan pelanggannya. Yang awalnya adalah kebutuhan berkomunikasi menjadi kebutuhan untuk mencari dan mendapat pengalaman. Sehingga pelanggan senang “bermain-main” di retail Apple.

Hal ini membuat Pelanggan tahu kehebatan produk-produk Apple. Sehingga mereka merasa bahwa Apple adalah produk terbaik dibandingkan dengan produk yang lain. Dan mereka tertarik dengan produk apple. Atau setidaknya dalam benak orang Amerika, Apple adalah perusahaan terbaik dan terpercaya. Dari sini Apple mencoba memenangkan Pikiran pelanggan.

Edukasi Pelanggan

Apple selalu berusaha menemukan kebutuhan pelanggan. Bahkan sebelum pelanggan tahu. Setelah itu Apple melakukan edukasi kepada pelanggan. Yang paling terkenal dan berkesan adalah presentasi Produk dari sang CEO Apple. Di sana Apple menunjukkan kehebatan produk-produknya. Inovasi-inovasi yang berhasil mereka lakukan.

Melakukan Gugatan untuk menguatkan Hak Paten Apple.

Gugatan yang akan digunakan mengacu pada satu set paten AS sebagai berikut:

Paten Amerika Serikat No 5946647 yaitu sistem dan metode untuk menjalankan suatu tindakan pada sebuah struktur yang dihasilkan dari data komputer.

Apple sebelumnya memenangkan beberapa  perselisihannya dengan menggunakan ini. Sehingga larangan impor atau penjualan pada sejumlah perangkat Android seperti HTC, termasuk T-Mobile dengan  G2nya, AT&T dengan Arianya, Sprint dengan Evo 4Gnya dan Verizon Droid berhasil dilakukan.

Paten Amerika Serikat No 8086604 tentang universal interface, yaitu untuk pencarian informasi dalam sistem komputer.

Paten ini  mengacu pada sistem pencarian pada ponsel. Apple membuat referensi khusus pada siri. Tetapi mereka berpendapat bahwa dimasukkannya entri berbasis teks melalui Spotlight sama saja merupakan pelanggaran.

Paten Amerika Serikat no 8046721 yaitu membuka suatu perangkat (unlocking) dengan cara melakukan gerakan pada gambar unlock.

Pada setiap perangkat IOS memiliki “slide to unlock” yang berada di bagian bawah layar. Meskipun sudah memiliki  patennya. Mereka berencana untuk menyertakan  lebih banyak cara unik dimana OEM lainnya telah dikembangkan untuk unlocking pada perangkat Android.

Paten Amerika Serikat No. 8074172 yaitu metode, sistem, dan interface pengguna grafis untuk memberikan rekomendasi kata.

Paten keempat dan terakhir Apple juga merupakan yang terbaru (diajukan pada 2007 dan disahkan pada Desember 2011). Paten ini mencakup sifat semi-prediksi entri teks yaitu ketika pengguna mulai memasukan teks ke dalam perangkat dan diberikan pilihan untuk menerima atau menolak kata-kata yang disarankan secara manual.

Pemasaran di Indonesia

Di Indonesia, Apple menggandeng dua operator seluler. Yaitu XL dan Telkomsel. Kedua Provider inilah yang menjadi ujung saluran pemasaran dari Apple. Dua Provider ini memiliki banyak outlet yang mudah dikunjungi. Selain untuk melayani pelanggan mereka sendiri, outlet ini digunakan untuk menjual Apple di Indonesia.

Hal ini boleh jadi karena masyarakat Indonesia karakteristik membeli Apple adalah karena Gengsi. Bukan karena butuh atau benar-benar tertarik dengan fitur yang disediakan oleh Apple. Langkah ini adalah langkah yang cukup baik. Karena tidak membutuhkan banyak modal. Tetapi Operator yang diajak kerja sama memiliki banyak outlet yang tersebar di Indonesia.

Sumber ini, ini , ini, dan ini.

NB: diantara keempat link di atas, ada sponsornya. ati2!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s