Eksis dengan Internet: From Zero to be Special

Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet

Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet

Eksis di dunia maya, hasil di dunia nyata. Begitulah yang saya pahami tentang Internet. Contohnya adalah Popularitas Sinta-Jojo. Cuma goyang-goyang di Youtube, sekarang jadi bintang iklan. Atau Raditya Dika dengan blognya. Yang akhirnya mampu menerbitkan buku yang berisi kumpulan blognya.

Atau seperti ibu Titah Rahayu. Seorang ibu dari teman saya. Pemilik rumahkanker.com. Yang Menjadi ‘Dokter’ Tanpa Kuliah. Maksudnya beliau dianggap dokter oleh pembaca rumahkanker.com. Karena tulisan beliau yang tidak jauh beda dengan dokter. Hingga beliau juga menjadi pembicara dalam sebuah seminar tentang kanker, bersama dengan para dokter spesialis kanker juga. Bahkan rumah kanker juga mendapat penghargaan Internet Sehat Award dari ICT award. Ini yang saya suka, ngeksis yang bermanfaat bagi orang lain.

Atau seperti Tante Anne Ahira. Beliau sukses sebagai Internet Marketer. Bawaannya selalu ngeksis di internet yang bikin tebel dompet. Follower beliau banyak. Mulai yang beneran jadi member Asian Brain Community. Sampai yang hanya membaca tulisan beliau. Seperti saya. Hhe.

Pada dasarnya saya melihat ada dua buah cara untuk eksis di internet. Yang pertama adalah tampil beda seperti Sinta-Jojo atau Norman Kamaru. Dan yang kedua adalah tampil konsisten. Seperti ibu Titah Rahayu dan tante Anne Ahira. Sinta-Jojo memberikan tampilan baru dengan penampilan mereka. Sedangkan ibu Titah dan tante Anne dengan konsisten berbagai bersama pengguna internet lainnya. Hasilnya, mereka menjadi magnet di internet. Selalu menarik perhatian karena layak diperhatikan. Membuat mereka menjadi orang-orang yang special.

Jadi kalau ingin eksis di internet, tampillah beda, atau tampillah konsisten. Untuk yang pertama membutuhkan kreatifitas. Yang kedua butuh perjuangan. Tapi bersyukurlah, karena internet sekarang merakyat. Gampang dijangkau oleh semua khalayak. Apalagi hape sekarang bisa internetan semua. Dan pulsanya murah. Contohnya axis. Yang iklannya lucu-lucu, ga jelas, dan memang kreatif. Kalau mau lebih jelas buka aja axisworld.co.id.

Untuk beberapa orang, internet dapat menjadi penyelamat. Ceritanya ada seorang pebisnis. Beliau baru saja tertipu oleh bisnis investasi yang dimiliki oleh teman beliau. Sehingga beliau bangkrut. Lalu beliau belajar internet marketing. Dan bergerak dibidang yang terkait forex. (CMIIW). Sehingga sekarang sudah mampu bangkit kembali. Rahasianya adalah selalu ng-Axis di internet dan update informasi yang bermanfaat.

Saya jadi punya ide yang belum sempat saya lakukan. Karena saya tertarik di dunia baca tulis, maka idenya seputar itu. Menerbitkan novel lewat internet. Kalo nunggu penerbit kan belum tentu diterbitkan. Nah, kalo di internet banyak pembacanya, pastinya akan ada penerbit yang mau melakukannya. Praktis dan murah. Kalau mau dijual tinggal dibuat file PDF-nya.

Ngeksis di internet menawarkan banyak manfaat. Mulai dari mengakomodasi kebutuhan narsis. Kebutuhan untuk berbagi, kebutuhan akan duit, juga kebutuhan untuk informasi. Banyak hal yang dapat kita manfaatkan di internet. Sebanyak manfaat yang kita dapat dari internet. Membuat kita menjadi seseorang yang spesial. Asal niatnya bener. Kalo ga, maka “jika ada seseorang yang sedang berduaan dengan internet, maka orang ketiga adalah setan.” Hha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s