Semua Teroris Itu Muslim..Kecuali Yang 99.6%

EROPA (SuaraMedia News) – Islamofobia telah mempopulerkan istilah “tidak semua Muslim itu teroris, tapi (hampir) semua teroris itu Muslim.” terlepas dari ide ini menjadi aksioma di beberapa lingkungan, hal ini sungguh tidak faktual. Dalam artikel berjudul “Semua teroris itu muslim… kecuali 94% saja yang bukan”, catatan resmi FBI menunjukkan bahwa hanya 6% saja dari serangan teroris di tanah Amerika Serikat dari tahun 1980 hingga 2005 dilakukan oleh ekstrimis Muslim. Sisanya yang 94% itu berasal dari kelompok lain (42% orang Latin, 24% dari kelompok sayap kiri, 7% dari ekstrimis Yahudi, 5% dari komunis, dan 16% dari kelompok yang lain lagi).

Tapi bagaimana dengan yang melewati kolam? Data yang dikumpulkan Europol menguatkan argumen tersebut. (hat tip: Koppe) Europol mengumumkan laporan tahunan berjudul Situasi Terorisme EU dan Laporan Tren. Pada situs resmi mereka, dibeberkan laporan dari tahun 2007, 2008, dan 2009.

Hasil tersebut adalah yang sebenarnya, dan membuktikan dengan jelas bahwa tidak semua teroris adalah Muslim. Pada kenyataannya, 99,6% serangan teroris di Eropa dilakukan oleh kelompok non-Muslim; 84,8% serangan dilakukan kelompok separatis yang sepenuhnya tidak berhubungan dengan Islam. Kelompok sayap kiri dilaporkan 16 kali lebih banyak melakukan terorisme dibanding kelompok Islam radikal. Hanya sekecil 0,4% serangan teroris dari tahun 2007 sampai 2009 yang bisa dihubungkan dengan ekstrimis Muslim.

Berdasarkan laporan tersebut, ada satu “serangan Islam” di Inggris tahun 2008, yang dihilangkan dari tabel. Serangan itu dimasukkan dalam grafik mereka.

Cukup dengan melihat sekilas pada tabel-tabel tersebut sudah cukup untuk tahu betapa anehnya mengatakan bahwa “semua teroris itu Muslim.”

Pada laporan tahun 2009 Europol, halaman 7, disimpulkan:

“Terorisme Islam masih dipersepsikan sebagai ancaman terbesar di dunia, meskipun fakta menunjukkan bahwa Uni Eropa hanya menghadapi satu serangan teroris Islam di tahun 2008. Serangan bom yang terjadi di Inggris… terorisme separatis masih menjadi area terorisme yang mempengaruhi hampir seluruh Uni Eropa.

Hal ini termasuk separatis Basque di Spanyol dan Prancis, dan terorisme Korsika di Perancis… Kontak yang lalu antara ETA dan FARC mengilustrasikan fakta bahwa organisasi terorisme separatis juga mencari rekan kerjasama di luar Uni Eropa berdasarkan kesamaan minat.

Di Inggris, kelompok republikan Irlandia yang tidak sepakat, pada prinsipnya RIRA dan CIRA, serta kelompok perlemen lainnya mungkin melanjutkan untuk bergabung dalam kejahatan dan kekerasan.

Persepsi bukan kenyataan berdasarkan pengaruh dan propaganda sayap kanan, orang secara salah berpikir bahwa terorisme Islam adalah ancaman terbesar bagi dunia Barat. Bahkan merupakan kepercayaan yang umum dipegang bahwa terorisme Islam merupakan ancaman eksistensial – bahwa kelangsungan hidup dunia Barat dipertaruhkan.

Tentu saja, kenyataannya adalah ada kelompok-kelompok lain yang terlibat dalam terorisme dalam skala yang lebih besar, walaupun insiden terorisme ini diremehkan. Aksi terorisme yang dilakukan oleh Muslim secara bertujuan disensasionalkan dan difokuskan untuk, memuncakkan ide bahwa “(hampir) semua teroris itu Muslim.”

Terorisme dari ekstrimis Islam tentunya perlu diperhatikan, tapi tidak perlu menjadi persoalan yang menciptakan histeria massa, atau diijinkan menjadi persoalan kritis yang membuat kita rela mengorbankan hak ideal atau hak sipil kita untuk takut terhadapnya.

Bukan juga berarti kita harus turun pada status absolut sissitude. Kami telah menganalisa data dari Amerika hingga Eropa (sebuah porsi yang baik dari seluruh dunia Barat), dan ancaman terorisme Islam lebih sedikit dari yang banyak diasumsikan umum, di Amerika Serikat, terhitung ada 6% serangan teroris, dan di Eropa bahkan tidak sampai setengah persen.

Hanya melalui sensasionalisme dan penjualan rasa takut bahwa topik terorisme Islam diijinkan untuk mempersetan sebuah komunitas agama minoritas di Barat. Ketika dihadapkan dengan suatu kegilaan seperti ini, kita seharusnya merespon dengan fakta dan kebenaran. (raz/loo) http://www.suaramedia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s