Run Away from The Problem

Lari dari masalah… Ini adalah sebuah kebiasaan buruk saya. Kebiasaan buruk yang selalu terulang. Terutama ketika menghadapi masalah yang besar dan bertumpuk. Lari dari satu masalah ke masalah yang lain. Benar-benar seperti pengecut. Padahal tetap saja masalah itu tidak akan hilang. Kecuali saya menghadapinya! Kecuali jika saya punya keberanian untuk mengubah diri dan percaya bahwa saya mampu mengatasinya.

Saya orang yang suka mencari masalah, lalu lari dari darinya. Hal ini baru saya sadari baru-baru ini. Ternyata saya orang yang masih mudah berputus asa. Saya berputus asa, sebelum saya berusaha secara maksimal. Bukan begitu seharusnya. Bukan seperti ini cara yang benar menjadi manusia. Bukan begini jika ingin menjadi kuat. Bukan begini sikap yang benar menjadi seorang muslim.

Mulai saat ini, saya harus berubah. Mungkin memang menyakitkan. Tapi saya tak ingin terus-menerus menjadi pengecut. Saya harus berubah, menjadi lebih berani. Menjadi lebih kuat sebelumnya. Karena hanya itu satu-satunya cara menjadi dewasa. Menjadi kuat. Dan menjadikan diri ini pantas untuk Menggemgam Dunia.

Bismillah… semoga Allah memberi kemudahan.. aamiin

5 thoughts on “Run Away from The Problem

  1. “ceritaa… selamanya tentang manusia, kehidupannya, bukan kematiannya.
    ya, biarpun yang ditampilkan-nya itu hewan, raksasa atau dewa atau hantu.
    dan tak ada yang lebih sulit dipahami dari pada sang manusia,,,,
    jangan anggap remeh si manusia, yang kelihatannya begitu sederhana;
    biar penglihatanmu setajam mata elang, pikiranmu setajam pisau cukur,
    perabaanmu lebih peka dari pada dewa, pendengaranmu dapat menangkap musik dan ratap tangis kehidupan;
    pengetahuanmu tentang manusia takkan bakal kemput”
    (Pramoedya Ananta Toer- Bumi Manusia)

Leave a Reply

