Buku Aja Vs Kuliah

Dahulu kala, ana berpikir. Kuliah tu mahal banget. Setelah bayar kuliah, kita dapat beban buat beli buku. Bukunya pun mahal pula. Bahkan buku menjadi peranti wajib saat kuliah. Emang sih, ada perputakaan. Tapi sudah jadi rahasia umum kalau perpustakaan ga mungkin mengcover semua mahasiswa.

Pemikiran ana pun berkembang. Setelah ada buku, mahasiswa disuruh baca tuh buku. Sampe paham. Sampe ‘ngelontok’ istilah di Surabaya. Atau paham diluar kepala. Setelah itu Mahasiswa bakal di tes. Lewat tugas-tugas dan ujian. Dan yang terakhir ni sering bikin Mahasiswa BT abis. Bahkan bisa depresi.

Nah, pikiran ana ni, kalau kuliah cuma disuruh baca buku trus di tes. La mending beli bukunya aja di baca sendiri. Trus diimplementasikan sendiri dalam kehidupan nyata. Beres.

Sayangnya tidak sesederhana itu. Orang Indonesia kuliah buat cari gelar. Karena kebanyakan kerja mereka setelah lulus, berbeda dengan apa yang udah mereka pelajari sebelumnya. Sedikit sekali orang kita yang kuliah benar-benar mencari ilmu. Jadinya ya gitu. Kuliah mahal-mahal sebagai modal pekerjaan. Tapi sayangnya ilmunya tidak diterpkan benar-benar. Fiuh, pantes aja negeri ini susah. Karena kurang “The Right Man in The Right Place”.

Ana juga pernah dengar hadish yang kira-kira intinya, jika amanah tidak diserahkan pada orang yang tepat, maka tunggulah kehancurannya.

Hmm, ana juga sempat sharing dengan beberapa senior. Mereka mengatakan, kuliah itu tidak sekadar seperti itu. Kuliah juga membentuk pola pikir. Itu gunanya ada dosen dan semua perangkat perkuliahan. Jadi pikiran mahasiswa dibuat makin sistematis. Dan bisa dilihat sendiri hasilnya.

Kebanyakan Sarjana kita pikirannya sesistematis ini. “Sekarang kuliah-lulus cumlaude-mudah dapet kerja-nikah-punya anak-hidup tenang di hari tua-mati.” ana ga bilang smua sih. Tapi rata-rata seperti itu. Tidak terlihat kepedulian dengan lingkungan. Tidak terlihat hal-hal yang lain.

Kalau pembentukan pola pikir seperti ini, mending ga usah kuliah.

Apa anda terpengaruh dengan saya? Jangan! Banyak juga orang yang hebat dari bangku kuliah kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s