Bersama itu Selalu Menyenangkan?

Tidak selalu kalo saya boleh mengatakan. Ada kalanya berkumpul bersa,a orang-orang yang kita kenal itu menyenangkan. Tapi ada kalanya bersama mereka justru menyesakkan.

Pengalaman saya yang membuat saya berpikir begitu. Tidak lama. Sekitar 1 minggu lalu mungkin.

Teman-teman satu SMP dulu mengajak untuk buka bersama. Tidak ada yang salah sepertinya. Hanya saja, sepertinya kami terlalu banyak bertemu. Dan sayangnya untuk hal yang tidak terlalu penting. Bagi saya.

Ya, kami hanya kumpul-kumpul. Ngobrol ga jelas. Bercanda seperti layaknya SMP dulu. Saya ulang. Seperti SMP dulu. Saya kira itu berlebihan. Memang kami berteman di SMP. Setelah itu, reunian. Lalu sering kumpul lagi untuk mengenang masa lalu. Yang membuat saya sebal adalah “masa lalu” terus yang dipikirkan. Dulu begini, dulu begitu.

Tidak ada yang mencoba untuk bertanya, bagaimana kuliahmu? Kerja dimana sekarang? Kira-kira lima tahun lagi ngapain?

Kita cuma ngumpul. Bercanda. Tak peduli diantara kami mungkin ada yang bermasalah. Mungkin ada yang butuh bantuan. Mereka pikir, bertemu teman, lalu bercanda akan membuat hati tenang selalu.

Maaf saja, logika saya mengatakan TIDAK. Ok lah, bisa kita bilang bebannya akan berkurang. Ada saat untuk tersenyum. Bagi saya itu hanya menambah beban yang tidak perlu.

Ketika anda sedang bermasalah, berarti anda butuh solusi. Ketika anda cuma bercanda, anda tidak dapat apa-apa. Kecuali kesenangan sesaat. Akan lebih baik anda sharing. Dengan begitu ada kelegaan karena berkurangnya beban di hati anda. Dan mungkin saja ada pengalaman menyenangkan dari teman anda. Dan mungkin saja solusi. Yang anda butuhkan. Tidak cuma bercanda “mengenang masa lalu”. Itu ada saatnya. Yaitu saat reuni.

Bagi saya masa lalu itu penting. Tapi tidak harus membuat anda menatapnya terus. Anda tengok untuk memperbaiki kesalahan. Untuk masa depan anda tentunya. Anda kenang untuk mengobati kerinduan. Untuk bekal bagi beratnya masa depan yang akan anda lalui.

Tapi jangan terpaku. Karena berarti anda membunuh diri anda sendiri.

Leave a Reply

